Dikes KLU Lakukan Sosialisasi PTM

HAMZANWADI 27 Mei 2015 05:53:14 WIB

Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara,  5/5 melakukan sosialisasi Penyakit Tidak Menular (PTM) di aula kantor Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan. Sosialisasi tersebut dirangkaikan dengan rapat koordinasi antar petugas kesehatan Puskesmas Desa Senaru dengan pemerintahan Desa Karang Bajo.

Kasi PTM pada Dikes KLU, Supiyanto mengaku, bahwa kesadaran masyarakat KLU dalam mengantisipasi PTM masih kurang, padahal penyakit, seperti kanker, hipertensi dan jantung ini cukup mendominasi di masyarakat.

Dikatakan, pembangunan kesehatan di Indoensia saat ini dihadapkan  pada dua masalah ganda (double burden) yaitu penyakit menular yang belum dapat tertangani secara optimas dan penyakit tidak menular yang terus meningkat.  

“Dari beberapa penelitian menunjukkan adanya kecenderungan  peningkatan berbagai penyakit degenerative yaitu kanker, gangguan kardiovaskuler, diabetes mellitus dan lain-lain yang tersebar di wilayah Indonesia”, katanya didepan peserta.

Kebijakan pengendalian PTM, kata Supiyanto yaitu melakukan pengendalian PTM yang dilaksanakan melalui partisipasi  masyarakat sampai ketingkat desa yang dilakukan secara multisiplin, lintas program dan sektoral yang didasarkan pada 3 strategi utama yaitu, surveilans, promosi dan pencegahan serta manajemen pelayanan kesehatan.

Sementara Kepala Puskesmas Senaru, Subardi dalam acara tersebut  menjelaskan terkait dengan desa Karang Bajo sebagai desa siaga aktif yang sudah masuk katagori siaga “Purnama” untuk menuju desa siaga mandiri. “Desa Karang Bajo sendiri sudah masuk katagori desa siaga aktif purnama, karena sudah dilengkapi dengan pos ksesehatan desa, puskesmas pembantu, kader posyandu, ambulance desa dan petugas kesehatan sendiri seperti bidan desa dan lainnya”, jelas Subardi.

Terkait keberadaan jambanisasi, menurut Subardi, masyarakat desa Karang Bajo perlu pemicuan, karena sudah lebih 50 persen warganya memiliki jamban keluarga. “Sudah lebih 50 persen memiliki jamban keluarga, dan yang belum membuat jamban maka mereka inilah yang perlu pemicuan, sehingga diharapkan program jambanisasi ini bisa tuntas pada tahun 2015”, katanya.

Sedangkan Kasi Penyuluhan Lingkungan dan Promosi Kesehatan KLU, HL. Hafis Fadlah menegaskan yang paling penting dalam desa siaga aktif ini adalah bagaimana mendekatkan akses dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setiap hari.  “Jadi selain akses kesehatan dekat, juga petugas harus memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat setiap hari”, kata Hafis Fadlah.

Kepala Desa Karang Bajo, Kertamalip menmyambut baik dilakukan sosialiasi PTM dan rakordes kesehatan ini, dan berjanji jika Alokasi Dana Desa (ADD) sudah cair, maka sebagian dana akan diarahkan ke masing-masing dusun untuk menuntaskan jambanisasi dan pembangunan lainnya. “Yang utama kita lakukan adalah penuntasan jamban keluarga”, tandasnya.

Komentar atas Dikes KLU Lakukan Sosialisasi PTM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar