TIM BPBD NTB LAKUKAN PEMBINAAN KELOMPOK EGEROK KARANG BAJO

Redaksi 21 Agustus 2019 17:29:23 WIB

Karang Bajo SID. Penjabat Kepala Karang Bajo Kariadi SP menyampaikan bahwa kelompok Gegerok Tandak Selemor Ate Karang Bajo dan Kelompok Majelis Taklim Al Bayani sebelum Gempa telah aktip melakukan aktipitas namun setelah gempa maka 2 kelompok ini pakum maka melalui kesempatan ini Tim BPBD NTB melakukan pembinaan bekerjasama dengan UNRAM untuk mencari analisis kebutuhan pendamping sosial di wilayah pasca bencana bertempat di Aula sebaya Tanta Karang Bajo 22 Agustus 2019

Pendamping Sosial Tim BPBD NTB ibu Mala menyampaikan bahwa di KLU telah di landa gempa bumi 29 Juli 2018 sudah setahun lamanya maka melalui kesempatan ini kami dari Tim BPBD NTB bekerjasama dengan UNRAM melakukan pembinaan kepada kelompok masyarakat di Desa Karang Bajo yaitu kelompok gegerok tandak dan kelompok majelis taklim al bayani di desa karang bajo. Pendampingan sosial ini menghadirkan beberapa istansi terkait seperti Babinsa, Bimaspol, Kasi soaial Kecamatan Bayan, Kepala Kemenag, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KLU, dengan tujuan agar kegiatan ini bisa berlanjut dan terus di bina oleh istansi terkait,

Seperti contoh kelompok seni gegerok tandak Selemor Ate akan selalu di pasilitasi oleh dinas kebudayaan dan Pariwisata Lombok Utara dan bisa tampit pada epen epen budaya di Bayan dan KLU.

Desa Binaan BPBD KLU ada 5 Desa masing masing kecamatan 1 desa untuk Desa Karang Bajo pokus mencari perioritas paktor sosial yaitu bidang kebudayaan dan ke agamaan. dua kelompok ini kita terus mendorong agar tetap berjalan yang di pasilitasi oleh pemerintah desa. Pemerintah Kabupaten dan SKPD terkait di NTB.

Ketua Peranata Adat Sebaya Tanta Rianom.S.Sos menyampaikan bahwa Tari Gegerok telah mendapat pengakuan oleh Balae Pelestarian Bali Nusa Tenggara Dinas Kebudayaan Provinsi NTB. Tari gegerok Tandak Selemor Ate ini sejarahnya dulu petua kita dulu semua kebun dan sawah selalu di ganggu oleh hewan maka orang dulu punya ide bagaimana cara agar binatang itu tidak mengganggu tanamannya maka jadilah gegerok tandak mereka mampu menyerupai bahasa dan suara semua binatang yang ada di hutan secara bersama sama ahirnya binatang itu terhibur dan lupa dengan tanaman warga dan di lanjutkan pada setiap acara hitanan di bayan.

Mengingat pentingnya melestarikan dan mempertahankan seni budaya dan adat istiadat maka para generasi muda Desa Karang Bajo menghidupkan seni gegerok tandak ini yang di pasilitasi oleh Pengurus Pranata Adat Sebaya Tanta Selemor Ate untuk tampil di beberapa epen budaya karena ada tarian dan pantun pantun jenaka. ( Ardes ).

Komentar atas TIM BPBD NTB LAKUKAN PEMBINAAN KELOMPOK EGEROK KARANG BAJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar