AMAK KALOK DI NOBATKAN SEBAGAI MAK LOKAK PERUMBAK DAYA

Redaksi 20 Agustus 2019 20:48:07 WIB


Karang Bajo (SID), Masyarakat Karang Bajo telah menentukan Perusa Perumbak Daya atas nama Amak Kalok, usia 45 tahun Agama Islam alamat Dusun Teres Genit Desa Bayan telah di nobatkan sebagai Mak Lokak Perumbak Daya bersama Pembekel Loloan, Pembekel Bayan Barat, Pembekel Karang Bajo, Pembekel Sukadana, Pelabasari, Tanak petak Lauk, Batu Menjangkong, Karang Tunggul, Telaga bagek dan Mak Lokak Senaru di Kampu Karang Bajo 19-08-2019.

Memasuk kan Mak Lokak Perumbak Daya kali ini di asuh dengan memotong satu ekor kerbau yang di siapkan oleh masyarakat adat Karang Bajo Dan upacara penobatan amak Kalok sebagai mak Lokak Perumbak Daya dilaksanakan secara bersama sama oleh masyarakat baik dari gundem pertama untuk mencari perusa, gundem kedua untuk menentukan mencari bahan rumah yang akan di bangunkan, gundem ke tiga menentukan waktu untuk membongkar rumah mak lokak yang telah mengundurkan diri lalu di bangun lagi harus jadi dalam satu bulan, setelah itu gundem ke empat untuk menyepakati untuk mencari kerbau dan kebutuhan sehari-hari pesangon calon mak lokak, gumden ke lima untuk memasukan mak lokak ke Dalam Gubu Bangket Bayan.

Adapun proses Memasukkan Perusa lokak Perumbak Daya di gubuk Bangket Bayan Desa Bayan pada hari senin tanggal 19 Agustus 2019 M bertepatan dengan tanggal 18 Bulan Haji 1440H. masyarakat Adat wet Kepembekelan Karang Bajo melakukan Penjemputan dengan berjalan kaki yang di pimpin olen inak lokak Pande di ikuti oleh Jamaah adat menuju rumah calon mak Perusa perumbak Daya di Dusun teres Genit Desa Bayan dengan membawa pebuan. ( Penginang tabak terbuat dari kayu serupa seperti piring yang di tutup pake usap berisikan sekapur sirih dan tembako).

Setibanya di Rumah Perusa Perumbak Daya Calon Mak Lokak ( Amak kalok beserta istri) menerima Pebuan selanjutnya keluarga dari calon mak lokak menyiapkan semua kebutuhan sehari- hari dari calon mak lokak untuk di bawa bersama untuk di bawa ke rumah dinas baru yaitu Mak Lokak Perumbak Daya menuju ke Kampu Karang Bajo Desa Karang Bajo untuk di Nobatkan . Setelah semua siap maka Rombongan Penjemputan kembali berangkat pulang dengan berjalan kaki pula melalui jalur rurung agung. Barang yang di bawa seperti pakaian dan perabot rumah tangga.

Setelah Calon Mak Lokak Perumbak Daya tiba di Dalam Kampu para toak turun mulai menyiapkan proses pemotongan Kerbau untuk mengasuh agar Perusa yang akan mengemban tugas bisa bertahan lama, pemotongan se eor kerbau jantan mulus itu oleh Kiyai Lebe bersama masyarakat adat, setelah itu dilanjutkan dengan bedak kerames calon mak lokak, setelah bedak kerames calon mak lokak di iring ke kali Muntur untuk mandi bersih. Sementara jamaah adat yang lainnya menyiapkan persiapan penjemputan tamu undangan yang akan menyaksikan penobatan ( Pengambilan sumpah janji dan pemasangan Kagungan atau atribut mak lokak seperti kain, sapuk dan dodot warna biru langit).

Penobatan dan pemasangat kagungan di lakukan oleh Keturunan mak Lokak Pande Sutiasip di pandu oleh Mak Lokak Walin Gumi, di saksikan oleh Pejabat adat lainnya beserta undangan adapun sumpah jabatan itu berkaitan dengan masa jabatan sebagai mak Lokak Perumbak Daya yaitu minimal selama 3 (tiga) tahun maksimal seumur hidup.
Adapun Tugas Pokok Mak Lokak Perumbak daya ( Amak Kalok ) yaitu Menempati Rumah Dinas atau bale perumbak Daya, melakukan kegiatan sehari hari yaitu melakukan pengawasan dan melindungi hutan adat bangket bayan, melindungi satwa dan semua isi hutan di bangket bayan, melindungi mata air, dan sebagainya
Sedangkan Tugas Penyanding atau pendamping mak Lokak ( Amak Satrot ) yaitu mengurus segala kebutuhan sehari hari mak lokak perumbak Daya baik dari segi kebutuhan ekonomi, kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan ritual seperti menerima suweneh, menerima pelemer atao tawak an apa yang di panen oleh petani di sekitar bangket bayan, berjalan melakukan koordinasi ke mak lokak gantungan rombong dai kampu karang bajo.

Pemberian Tugas kepada Mak Lokak Perumbak Daya dia harus sanggup untuk:
1. Menjalankan Tugas sesuai batas Wet Wilayah Kerja jangakaun keluar sebab di atur batas timur Lokok Pelok Desa Bayan dan . Batas Utara Wilayah sawah bangket Bayan Batas Barat lokak Singang Gila batas selatan Gunung Rinjani , Liwat itu dia tidak diperkenankan.
2. Selama Menjabat sebagai Mak Lokak Perumbak Daya Pakaian kebesaran yang di kenakan itu tetap di pakae setiap hari baik di dalam lingkungan gubuk bangket Bayan maupun menghadiri acara lain di sekitar hutan adat bangket Bayan, tidak boleh merubah busana dengan menggunakan celana panjang atau sepatu. Harus tetap menggunakan kain hitam, Baju hitam, dodot rejasa dan sapuk biru.
3. Tidak boleh pergi sampai menginap di rumah orang lain walaupun sampai jam 12 malam mak lokak harus pulang ke rumah adat. Dan tidak diperkenankan membawa sepedamotor sendiri.
4. Tidak boleh berkata yang kasar yang mengakibatkan orang lain jadi tersinggung, apa yang di ucapkan harus bermakna.
5. Tidak Boleh melakukan pekerjaan yang sipatnya membunuh atau menghilangkan nyawa binatang lain seperti memanah, menyeran, memotong ayam dan menembak.
6. Tidak boleh mengerjakan pekerjaan yang sipatnya merugikan orang lain seperti mencuri, berjudi dan menipu baik itu kecil maupun besar.
7. Jika keluar ke kebun atau kesawah jika hendak duduk harus mencari alas tempat duduk baik itu daun daunan maupun alas lainnya.
8. Jika memakan jajan atau minum tidak boleh dilakukan dengan cara berjalan harus duduk.
9. Jika duduk bertamu ke rumah orang lain tidak boleh dengan cara menurunkan kaki harus dengan cara duduk bersila.
10. Tidak boleh ikut berpolitik mendukung salah satu partai, tidak boleh ikut sebagai tim sukses, kampanye pilih Dewan, pilkades, pilkada atau pilpres.
11. Tidak boleh membuat Usaha yang sipatnya menguntungkan diri sendiri atau menguntungkan orang lain.
12. Jika hendak membawa barang tidak boleh sampai keluar keringat artinya barang yang dibawa sekedar bisa dijinjing
13. Batas atas adalah batas tangga tidak boleh naek pohon agar betul betul melaksanakan tugas itu dengan sebaik baiknya.

Setelah mak lokak di beri sumpah jabatan baru Perusa mak Lokak Pande mengenakan Sapuk ke kepala Calon Mak Laokak Perumbak Daya, dilanjutkan dengan pemasangan kain dan dodot yang berwanra biru, di saksikan oleh Pembekel Loloan, Pembekel Bayan Barat, Mak Lokak Pelawangan,Pembekel Karang Bajo, Pembekel Sukadana, mak Pelabasari, Mak Tanak petak Lauk, Mak Batu Menjangkong, Mak Karang Tunggul, Mak Telaga bagek, Mak Lokak Senaru dan masyarakat adat setelah itu penerimaan pebuan tanda telah selesai penobatan mak lokak Perumbak Daya oleh Pembekel Loloan, dilanjutkan dengan Periapan selamatan di berugak agung Kampu Karang Bajo dan Do’a yang di pimpin oleh Kiyai Lebe,
Selanjutnya Mak Lokak yang baru di ajak masuk ke Berugak Mak lokak Karang bajo untuk siap siap di antar ke Gubuk Bangket bayan sambil membawa barang kebutuhan sehari hari dengan berjalan kaki secara bersama sama sekitar 500 orang setelah sampai di gubuk bangket Bayan di perlihatkan Gubuknya, Rumah tempat tidur, tempat makan, tempat menyimpat barang, temapat memasak dan lain sebagainya. Memperlihatkan rumah penyanding, berugak kagungan dan tempat acara termasuk tempat penyimpanan padi,

Mak Lokaq Perumbak daya untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya dalam menjalankan tugas sebagai maq Lokak beliau diberi pesangon berupa pengelolaan tanah pecatu, dari hasil panen tanah pecatu ini juga akan digunakan untuk keperluan ritual sereat adat dibantu oleh Pembekel adat dan masyarakat adat. Bale Adat Dalam kampu yang di tempati oleh mak lokak terdiri dari bangunan bale mengina sebagai Tempat tinggal, amben belek tempat barang kebutuhan rumah, Amben berik tempat perabot rumah tangga dan tempat tidur di dalam rumah, bangunan ini hanya satu lokal yang berukuran 8 x 8 meter persegi yang terbuat dari Bahan Kayu, Dinding Bambu, atap alang alang dan lantai tanah. ( Ardes ).

 

 

 

Komentar atas AMAK KALOK DI NOBATKAN SEBAGAI MAK LOKAK PERUMBAK DAYA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar