PERDA PENANGGULANG BENCANA DI KLU ADA SEJAK 2012

Redaksi 01 Agustus 2019 11:30:02 WIB

Karang Bajo SID. Hari ke 2 pemaparan oleh pak totok selaju tim BPBD KLU menyampaikan isi Perda Nomor 1 rahun 2012 tentang penanggulangan Bencana pada acara inisiasi pembentukan desa tangguh bencana di hadapan peserta di aula kantor desa karang bajo, 01 agus 2019.

Kewajiban Pemda  yaitu menjamin pemenuhan hak masyarakat dan pengungsi yang terkena dampak bencana sesuai dengan setandar. Pemerintah berikan perlindungan kepada masyarakat dari dampak bencana, melakukan pengurangan resiko bencana dan pemaduan pengurangan resiko bencana dengan program pembangunan. Menyusun rencana penanggulangan bencana untuk jangka wajtu 5 tahun, melakukan pengurangan kapasitas terhadap kelompok relawan penanggulangan bencana, mengalokasikan danan penanggulangan bencana dalam APBD, 

Wewenang Pemda KLU yaitu Menetapkan kebijakan penanggulangan bencana pada wilayahnya selaras dengan kebijakan pembangunan daerah, pembuatan rencana pembangunan yang memasukan unsur unsur kebijakan penanggulangan bencana, melajukan kerjasama dengan pemerintah provinsi, melakukan pengaturan penggunaan tehnologi yang berpotensi sebagai sumber ancaman atau bahaya bencananpada wilayahnya. 

Situasi tidak terjadi bencana, yaitu perencanaan penanggulangan bencana, pengurangan resiko bencana, pencegahan, pemanduan dalam perencanaan pembangunan, persyaratan analisis resiko bencana, pelaksanaan dan penegakan rencana tata ruang , pendidikan dan pelatihan, persyaratan standar tehnis penanggulan bencana oleh BPBD.

Ancaman bencana di KLU yaitu longsor, banjir, kekeringan, wabah penyakit, kebakaran, gempa bumi, selanjutnya resiko penanggulangan bencana yaitu meminimalisir terjadinya resiko bencana  oleh masing masing istansi sesuai tugasnya,

Harapan tim BPBD KLU agar setiap desa menganggarkan dana penanggulangan bencana di desa, penanggulangan dana pekatihan kepada tim penanggulangan bencana tingkat desa. ( Ardes ).

 

 

 

Komentar atas PERDA PENANGGULANG BENCANA DI KLU ADA SEJAK 2012

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar