ACARA INISIASI PEMBENTUKAN DESA TANGGUH BENCANA DI BUKA OLEH KADES

Redaksi 31 Juli 2019 10:27:53 WIB

Karang Bajo SID. Acara inisiasi Pembentukan Desa Tanggap Bencana sebagai upaya kesiap siagaan masyarakat menghadapi ancaman bencana di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan di buka oleh Penjabat Kepala Desa Karang Bajo KARIADI.SP selama 2 hari yaitu rabu dan kamis 31 juli sd 1 Agustus 2019.

Hari pertama Tim YEU, Yakkum Empergency Unit ( Susi ) dan BPBD Lombok Utara menyampaikan pembekalan tentang keberadaan Desa Tangguh Bencana. Untuk sementara YEU sudah memulai di Dusun Dasan Baro selama 1 tahun dan sekarang akan di pasilitasi di tingkat desa. 

Fasilitator menyampaikan bahwa kedepan Desa Karang Bajo akan menjadi Desa siaga bencana, kita akan lakukan diskusi bagaimana kreteria desa siaga bencana itu, dimana jika peristiwa gempa bumi terjadi lagi maka warga desa betul betul maksimal menyiagakan diri, sebab saat ini rentan alias rendahnya pengetahuan warga tentang siaga bencana, masi belum terorganisirnya dengan baik. 

Kapasitas manusianya seperti sunber daya manusia sudah bagus, indek pembangunan manusia juga bagus tinggal bagaimana mempasilitasi warga agar betul betul tanggap. Kalau secara sosial untuk sementara kurangnya rasa empati atau cenderung berperasangka buruk kepada sesama warga desa, 

Tim siaga bencana untuk desa karang bajo sudah terbentuk ahir bulan juli 2019 pelindung penasehat, kepala sesa, bimaspol dan babinsa, ketua Ahyar Rosidi, wakil ketua Muftahul hafiz, sekretaris Umiati bendahara Ema Agustina, Koordinator budang data Yunadi, koordinator bidang Ligistik Irfan Edendi koordinator bidang efakuasi Muslihin, koordinator bidang kesehatan Murdiana dan koordinator bidang keamanan Masukin.

Langkah selanjutnya perlu pembentukan dan pelatihan tim siaga bencana.(Ardes )

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar