SING PLAT BUKAN SAJA SEBAGAI ATAP RUMAH TAPI BISA SEBAGAI JEMBATAN AIR

Redaksi 26 Mei 2018 10:13:32 WIB

Karang Bajo ( SID). Subak yang berada di singang borot Dusun Ancak Timur Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan setahun yang lalu sejak ambruknya saluran irigasi di Pinggir jalan negara tidak dapat menggarap sawahnya seluas 10 hektar di sebabkan tidak ada saluran untuk mengairi sawahnya solusi sementara pakai singplat sebagai talang hingga sekarang 25-05-2018.


Pekasih bersama puluhan subak tidak mampu untuk membangun kembali saluran itu sebab tanah yang berada di saluran itu hanyut semua terbawa air hujan yang mengakibatkan beberapa petak sawah warga yang berada di bawahnya tertumput matrerial.


Langkah yang dilakukan oleh puluhan subak agar air bisa sampai di sawahnya mereka urunan untuk membeli material seperti bambu sebagai tiangnya dan sing plat sebagai talangnya di susun memanjang dan di paku walau dengan menggunakan alat se adanya alhamdilillah air bisa liwat sambil menunggu bantuan dari pemerintah sebab jembatan air itu paling bisa bertahan 2 tahun.


Menurut Ketua P3A Rahayu Deriati bahwa solusinya saluran air ini harus di timbun dan di talut ulang sepanjang 2x15m. Jika menggunakan tanah timbunan dan batu untuk mentalut akan menelan anggaran sebesar 50 juta rupiah.


Pemerintah Desa bersama Pengamat Pengairan Kecamatan Bayan pernah mencoba untuk menganggarkan perbaikan saluran namun karena berada di pinggir jalan negara aturannya desa dan pemda tidak boleh membangun menggunakan dana desa maupun dana daerah sepanjang pinggir jalan negara.


Untuk mengantisipasi agar talang air ini tidak ambruk dan subak bangket singgang borot tidak gagal.panen mohon dari pemerintah Provinsi NTB untuk mengecek dan membangunkan masyarakat kami karena kami di desa tidak boleh membangun di pinggir jalan negara ( Ardes )

Komentar atas SING PLAT BUKAN SAJA SEBAGAI ATAP RUMAH TAPI BISA SEBAGAI JEMBATAN AIR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar