KOMPAK Jakarta Berkunjung keDesa Karang Bajo

Redaksi 14 Februari 2018 17:52:00 WIB

Karang Bajo ( SID ) Kolaborasi  Masyarakat dan Pelayanan untuk  Kesejahteraan ( KOMPAK) dari Jakarta Dewi Sudharvin, KOMPAK NTB Wahyu, KOMPAK KLU Mawar janita, dan Rombongan Berkunjung ke Desa Karang Bajo untuk melihat Perkembangan Cara Pelayanan Sistim Informasi Desa ( SID) melaiu Web Desa di www.karangbajo-lombokutara.desa.id di Kantor Desa Karang Bajo 12-02-2018.


KOMPAK Merupakan Program kerjasama Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia yang didanai oleh Pemerintah Australia (DFAT) untuk periode 7 tahun (Tahap 1: 2015-2018  / Tahap 2: 2018-2022) Tujuan :  Mendukung pemerintah dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, khususnya peningkatan pelayanan dasar dan pengembangan ekonomi produktif bagi masyarakat miskin dan rentan
Kebijakan Mendukung upaya Pemerintah dalam peningkatan pemerataan dan pengurangan kemiskinan dengan fokus pada pelayanan dasar dan pengembangan ekonomi produktif.

 
Tujuan agar Masyarakat miskin dan rentan di Indonesia mendapatkan manfaat dari meningkatnya penyelenggaraan pelayanan dasar dan peluang-peluang ekonomi  sementara Capaian Pemerintah daerah dan unit pelayanan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan terhadap pelayanan dasar , Masyarakat miskin dan rentan mendapatkan manfaat dari peningkatan kualitas  tata kelola pemerintahan desa , Masyarakat miskin dan rentan mendapatkan manfaat dari perluasan kesempatan kerja (di sektor non-pertanian) dan pengemba ngan ekonomi produktif.
 
Pemerintah Desa Karang Bajo bersama Oprator SID ( Hamzanwadi ) mepresentasikan tentang Fungsi SID antara lain: SID memiliki fungsi pokok sebagai media untuk menyimpan, mengolah dan mempublikasikan data dan informasi yang dimiliki oleh desa; dan fungsi SID dapat diperluas sebagai media pelayanan administrasi umum, administrasi pengelolaan keuangan desa, dan peningkatan transparansi dan akuntabilitas publik.

Pendamping Lokal Desa  PLD Kecamatan Bayan Mustiadi menyampaikan  Manfaat SID antara lain: memudahkan Pemerintah Desa dalam menyimpan, mencari, memanggil, mengolah dan menyajikan data Desa, meningkatkan kualitas pengelolaan data Desa yang lengkap akurat dan terbarukan secara berkala, memperluas jangkauan informasi, meningkatkan kualitas pelayanan administrasi Desa, mempermudah masyarakat desa dan para pihak yang berkepentingan untuk memperoleh informasi tentang desa, mendukung terwujudnya tatakelola di desa yang partisipatif, transparan dan akuntabel, menemukenali potensi sumber daya yang bisa dioptimalkan untuk mendukung kemandirian desa dan memudahkan pemerintah desa dan masyarakat desa untuk bekerjasama dengan pihak lain.

Memanfaatkan teknologi tentu saja akan sangat bermanfaat bagi siapapun bila digunakan dengan baik dan bijak. Apalagi saat ini dimana teknologi sangat bertumbuh dengan pesat, maka memang sudah saatnya siapapun ikut andil dalam perkembangannya. Hal ini bukan sekedar untuk eksistensi diri semata, sebab ada tuntutan zaman yang harus dipenuhi.

Tentu saja ketika kita bicara teknologi maka wilayah yang akan selalu jadi rujukan adalah kota. Tapi meski kota memiliki kedudukan teratas dalam peringkat, namun bukan berarti desa (daerah terpencil) tak punya posisi. Setidaknya hal ini telah dibuktikan oleh Kertamalip, seorang kepala desa asal Karang Bajo, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lokasi desa Karang Bajo sendiri tak ada yang perlu diragukan lagi, pasalnya daerah ini berada di kaki gungung Rinjani yang tentunya sangat terpencil. Namun dengan semangat dan keinginan besarnya untuk menjadikan daerahnya maju, maka Kertamalip atau sering dipanggil Bang Ardes membuat desa online yang mengesankan. ( Ardes ).

Komentar atas KOMPAK Jakarta Berkunjung keDesa Karang Bajo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar