Bupati KLU Buka Acara Empas Menanga Mual di Desa Akar Akar

Redaksi 11 Januari 2018 15:27:15 WIB

Karang Bajo ( SID). Acara Empas Menanga Mual merupakan epen budaya tahunan yang di laksanakan oleh masyarakat desa akar akar dan sekitarnya hal itu di sampaikan oleh Akarman Bayan selaku Kepala Desa Akar akar di Menanga Mual 10 januari 2018.

Bupati Lombok utara .H.Najmul Ahyar Menyampaikan dalam sambutannya bahwa ritual adat  Empas Menanga Mual ini pasti punya maknya, menyorok adalah tradisi lokal yang dalam arti kebersamaan mempolong merenten dan bagaimana kita mensukuri nikmal Allah. Jangan kita liat ikannya namun bagaimana kita meliat Siapa yang menciptakan ikan yaitu Allah swt. Maka epen ini kita sukuri maka kita akan tetap merasa damai.

EpenEmpas Menanga Mual  ini kita akan peromosikan melalui media yang ada agar epen ini bisa di kenal di dunia maya. Bupati juga minta agar dinas kebudayaan dan pariwisata KLU untuk membuat jadwal epen budaya di lombok utara. Agar epen budaya di Lombok Utara bisa terkenal. Selanjutnya kita minta kepada Dinas terkait untuk menyiapkan bibit ikan minimal 10 ribu ikan untuk kita lepas setelah acara ini dan agar di agendakan tiap tahun.

Acara Empas Menanga Mual di Hadiri oleh Bupati dan wakil Bupati Lombok utara, Camat Bayan Musripin , Anggota DPRD KLU, Nasrudin dan Raden Nyakradi Kades Anyar Ritanom Ritot, Kades Sukadana, Kades Karang bajo Ardes Ardes, Kades akar akar, Kades Mumbul Sari. Muspika Kec. Bayan , momen ini dilakukan tiap tahun biasa pada musim tanam dari jaman dahulu, dengan harapa epen empas menanga mual secara adat yang kami miliki agar bisa kita pertahankan dan kita lestarikan, hadir juga mangku akar akar. Lokak telaga longkak dan.lokak sukadana, dengan harapan mohon dukungan dari kabid kebudayaan agar epen ini bisa di jadikan jadi epen Budaya KLU, Mengenai hari tetap hari rabu. Lalu ada pemotongan ayam di menanga baru di empas.

Kabid kebudayaan dan Pariwisata KLU H Muhammad menyampaikan bahwa menanga atau danau kecil yang berada di tepi pantai ini cukup luas dan bagus maka kami sebagai pemeda sangat mensukung insya Allah 2019 kami akan membantu untuk menata lingkungan ini akan kita bangun namun mohon agar lokasi ini betul betul aman. Kita bisa lestarikan lingkungan ini dengan baik dengan adanya epen ini maka kita bisa silaturrahmi dengan masyarakat, dari segi penataan tempat ini Dari Dinas Kebudayaan dan pariwisata KLU akan mensupot dan mengagendakan setiap tahunnya.

Kegiatan ini merupakan epen tahunan yg pada umumnya, lalu desa ini bisa mewujudkan desa wisata di tempat ini dan pada ahirnya nanti akan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat desa akar, acara ini ramai seperti di desa anyar pada epen tahun baru, sekali lagi mohon lokasi ini di perjelas oleh maayarakat dan desa sehingga pemda KLU Aman dalam melajukan pembangunan lokasi menanga ini dan beluliau mengajak masayarakat untuk mendukung dan menjaga menanga mual ini dengan baik ungkap H Muhammad.

Acaradi awali dengan periapan pembukaan yang di pimpin oleh mak lokak demung akar akar, kiyai dasan gelumpang, lokak sukadana, lokak lokok mumbul dan lokak baru tepak di lanjutkan dengan membuka menanga oleh masyarakat dengan cara menggali tanah dengan tangan sementara warga yang lain menunggu masing masing membawa sorok atau alat langkap ikan secara alami  dan wadahnya dari karung , (Ardes)

Komentar atas Bupati KLU Buka Acara Empas Menanga Mual di Desa Akar Akar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar