Sekolah Adat Bayan Mulai Awal Tahun 2018

Redaksi 27 Desember 2017 13:29:30 WIB

Karang Bajo (SID ). Sekolah Adat Bayan Mulai Awal Tahun 2018 hal itu disasampaikan oleh Kepala Bidang  Kebudayaan  Arnowadi pada acara Loncing sekolah adat  program ini terselenggara bersama  program Peduli,  Somasi NTB dan Yayasan Satu Nama Yogyakarta  yang bertempat di Sekretariat Sebaya Tanta Desa Karang Bajo  20-12-2017.


Tujuan Dilakukannya Sekolah Adat  dan sekolah budaya  adalah untuk memperkenalkan situs situs budaya yang masih di jaga di wilayah  Kecamatan Bayan, memberi pemahaman kepada generasi muda dan anak anak tentang adat istiadat dan bahasa kearipan lokal alias bahasa bayan, mengajarkan tentang Kesenian tradisional peninggalan nenek moyang kita dan banyak lagi pelajaran yang tidak di dapatkan di bangku sekolah baik di jenjang SD, SMP maupun SMA.

 

Berbagai upaya yang kita lakukan agar minat warga untuk meramaikan Sekreatriar Sebaya Tanta mulai dari remaja putra ( Pranata adat ) membuat miniatur Masjid Kuni dan Kerajinan Tangan belum lagi Kelompok Remaja Putri (Praniti adat) membuat kain tenun has bayan, sejak 2010 belum juga nampak hasilnya, terus Tahun 2016 Desa membantu Prpustakaan Adat belum banyak pengunjungnya lalu kita dapat program P2SD ( Pusat Pembelajaran Sosial Dasar )Regional Bali Nusra  Program Kemendes bersama UNRAM telah kita bentuk Rumah Pintar dan Gubuk Lebah, yang berhasil baru gubuk lebah sementara Rumah Pintar belum juga banyak peminatnya, semoga dengan adanya sekolah Adat ini minat warga untuk datang belajar di Sebaya Tanta bisa meningkat dan rame.


CO Program Peduli  Renadi S.Pd menyampaikan Program Sekolah Adat ini rencananya akan  berkunjung ke Sekolah-Sekolah yang ada disekitaran Kecamatan Bayan untuk tingkat SMA dan SMP, mencari peserta didik yang mau belajar tentang : Seni musik bamboo,  Nembang (Baca Lontar) dan  Sejarah Bayan


Waktu Pembelajaran sekali seminggu jam 16.00 s/d 17.30 di Balai Pusaka Sebaya Tanta, sedangkan untuk hari akan ditentukan oleh peserta didik dengan Nara Sumber/Fasilitator/Guru.
Untuk form pendaftaran bisa di dapatkan di
1. Sekolah Adat Bayan
2. Sekolah-Sekolah formal yang kami kunjungi

CO Program Peduli, 081917901440, 082340212866 (Renadi/Jets Budaya untuk Desa Karang Bajo dan sekitarnya, 082340953391 (Sumadim/Adim Sosial, Badung) untuk Desa Bayan dan sekitarnya, 082339877715 (Lalu Agusman Ali/Jagole/Ague Agus Leo) Untuk Desa Anyar dan Sekitarnya, dan di 085338598292 (Kertadi) untuk Desa Loloan dan sekitarnya.
Tanya-Tanya tentang Sekolah Adat Bayan dan Proses Pembelajaran bisa komunikasi via :
1. Telp/WA/sms di 081917901440 (Renadi/Jets Budaya)/ Email. jetsbudaya@gmail.com/ Waktunya kita belajar tentang diri, lingkungan, sehingga bangga dengan jati diri./ #BalaiPusakaSebayaTanta/ #SekolahAdat/SekolahBudaya/ #MasyarakatAdatBayan/ #SomasiNTB/#SantiriFoundation/ #SatuNama/ #AMAN / #BPAN/ #KaderPeduli/ #PerpustakaanWetuTelu/ #PerpustakaanAdatBayan ( Ardes ).

Komentar atas Sekolah Adat Bayan Mulai Awal Tahun 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar