Nikmati Manisnya Madu Trigona Bersama Forum Pertides

Redaksi 15 Desember 2017 11:34:25 WIB

Karang Bajo ( SID ). Inilah Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan  Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat. Namun sayang, melimpahnya populasi lebah madu trigona belum memberikan dampak pada pembangunan di Desa. Awalnya para perternak memilih untuk mengembangbiakkan secara individu. Meskipun dapat panen, banyak yang meragukan hasilnya dinilai tidak bagus dan tidak higienis.
 
Universitas Mataram sebagai bagian dari FORUM PERGURUAN TINGGI UNTUK DESA ATAU "PERTIDES". Menginisiasi Penggunaan TEKNOLOGI TEPAT GUNA. Unram mengenalkan Teknologi berupa Pemindahan Koloni kedalam Stup. Pemeliharaan Lebah Madu Trigona. Teknologi Pasca Panen dan pengemasan hingga pemasaran.

Pak Nonong Tanaya Akademis Universitas Mataram Selaku Sekretaris Pelaksana Program P2SD. Berkomentar..  "Setelah kami bersidisku bersama pihak desa, pemuda desa dan aparatur Desa juga masyarakat Karang Bajo. Hingga masyarakat sangat termotivasi membudidayakan lebah madu trigona ini. Dengan Program dari Kementerian Desa Tahun 2016 melalui Laboratorium Desa. Kami Bersama Masyarakat Desa Karang Bajo Melalui Pengembangan usaha budidaya lebah madu trigona di dusun Gol Munjid Desa Karang Bajo".

Perubahan pun sudah di rasakan setelah Desember 2015 yang lalu. Berbagai jenis tanaman pakan di lahan khusus sebagai pakan lebah madu trigona. Hingga produksi madu trigona semakin produktif.  Dengan pasca panen yang baik. Produksi pun semakin beragam yakni berupa MADU, JUS POLLEN hingga JUS PROPOLIS.
 
Hartono Oneman Ketua Gubuk Lebah Gol Munjid Berkomentar.  "Dari sisi pendapatan. Waktu masih sendiri-sendiri secara individu, kita menjual madu dengan harga 50rb perbotol. Karena kami belum mempunyai kemasan. Setelah adanya pembinaan sekarang alhamdulillah kami menjual dengan harga 150rb perbotol."Tidak lagi individual kini telah terbentuk kelompok tani ternak lebah madu trigona.
 
Kepala Desa Karang Bajo "KARTAMALIP" Mengapresiasi pembinaan dari Universitas Mataram. Kepala Desa Karang Bajo KARTAMALIP Bang Ardes Ardes Ardes Berkomentar.  "Sebelum itu memang belum dikenal desa Karang Bajo, namun sekarang alhamdulillah dengan adanya kegiatan kita di kelompok gubuk lebah lebah, kelompok peternakan dan pertanian yang telah kita fasilitasi dan bekerjasama dengan Universitas Mataram kini sudah kelihatan HASILNYA". Dengan pengelolaan yang baik. Madu Trigona memiliki Aroma rasa yang khas, lebih gurih bercampur rasa manis yang alami dan cecut.
Pendekatan inipun menjadikan kawasan baru seperti. PUSAT PEMBELAJARAN, WISATA KELUARGA, WISATA KULINER YANG NANTINYA AKAN TERSEDIA DI DESA KARANG BAJO KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA NTB. YAKNI TERCIPTANYA GUBUK LEBAH MADU DI DUSUN GOL MUNJID.

Bersumber  #KementerianDESA #KemenDesPDTT #UniversitasMataram #DesaKarangBajo #DusunGolMunjid #GubukLebah  #YauTubePendamping Desa Alphacino Junido Loilewen Bang Slesh Apis Pendamping Lokal Desa MaoLani MauLana Isme Awe, Jets Budaya, Rief Retet dan Lebah Trigona ( Slesh/Ardes ).

Komentar atas Nikmati Manisnya Madu Trigona Bersama Forum Pertides

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar