P2SD UNRAM Lakukan Klas Bumil di Desa Karang Bajo,

Redaksi 24 November 2017 22:39:47 WIB

Karang Bajo (SID).Pembinaan Pelayanan Sosial Dasar ( P2SD ) Universitas Mataram Program Kemendes PDT lakukan Klas Bumil di Desa Karang Bajo Narasumber Alphacino Junido Loilewen, Nonong Tanaya, hadir pendamping MaoLani MauLana, pesertanya yang hadir 25 orang Ibu hamil dan bidan desa, bertempat di aula desa karang bajo 22-11-2017.

Materi 1 disampaikan oleh Pak Nonong Tanaya  husus tentang Gizi bagi bumil. Sehingga pada saat kehamilan dibutuhkan vitamil, idialnya tiga bulan sebelum kehamilan. Seorang wanita selama kehamilan memiliki kebutuhan energi yang meningkat untuk pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, Pembuluh darah dan jaringan yang baru, sementara tambahan kalori sebagai tenaga untuk proses metabolism jaringan baru. Ibu Hamil juga disaran kan untuk mengkonsumsi Zat Besi yang tujuannya untuk memproduksi homiglobin yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh seperti  (Sayur sayuran mentah)

Selama kehamilan juga membutuhkan protein lebihbanyak  karena protein di butuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada janin ibu hamil, membutuhkan sekitar 75 gram protein setiap harinya, Butuh Pitamin B untuk membantu mencegah cacat pada otak dan tulang belakang, kekurangan Folat mengakibatkan kehamilan premature Berat Badan Lahir Rendah dan Pertumbuhan janin yang kurang sehingga Ibu Hamil disarankan untuk mengkonsumsi Pitamin B( Sayur sayuran  matang ) 600 gram.


Materi ke 2 oleh Alphacino menyampaikan Contoh Menu makan pagi Ibu hamil (520 Kalori ) yaitu Nasi gireng ( nasi, ayam telur kacang polong, ketimun selada dan Jus buah atau juice melon. Senack 9 pepaya apel melon, gula pasir dan sri jeruk manis), Menu makan siang Ibu hamil (694 Kalori ) yaitu Nasi Putih,daging sapi, tahu isi, tahu telur, tumis bayam,  sup sayur/ wortel buncis kul dan ayam sneck buah papayadan kolek pisang.  Menu makan malam Ibu hamil (558 Kalori ) yaitu Makaroni ( nasi, telur, daging cincang, keju, susu ) sayurnya selada ketimun, wortel minyak) snak Buah jeruk manis.

Setelah klas bumil di lanjutkan dengan Tes pengetahuan peserta dan yg bisa menjawab dapat durpres dari P2SD UNRAM, yg dapat pertama jumaiyah dari ancak barat, kedua Bu Anis dari Lokok Aur, ke 3 yag dapat Martin dari Lokok Aur, yg ke 4 yaitu ida roayanti dari ancak timur, ke 5 diperoleh sama Mariani dari Ancak timur, ke 6 haerani dari ancak barat, ke 7 yg dapat ruminten dari lokok aur dan durpres ke 8 di proleh sama yeni Lokok aur,


Harapan Pendampingh P2SD Unram kepada Bumil yang telah di latih ini agar betul menjaga kesehatan dan sering sering kontrol kehamilan ke bidan desa dan memakan menu yang telah di ajarkan, Acara terahir  di lanjutkan dgn penyerahan leptop untuk Pengurus  rumah pintar, ( Ardes )

Komentar atas P2SD UNRAM Lakukan Klas Bumil di Desa Karang Bajo,

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar