Semua Desa di KLU Harus Bentuk Majelis Krama Desa.

Redaksi 15 September 2017 14:58:19 WIB

Karang Bajo (SID) semua Desa di Kabupaten Lombok Utara harus membentuk Majelis Krama Desa dalam bentuk Perdes. Hal itu disampaikan oleh Riduan Munir. SIP. Kepala Bidang PMD DP2KBPMD KLU yang di hadiri oleh Semua Kades, BPD dan Pasilitator MKD bertempat di Aula BPMD KLU. gangga 14-09-2017.

Acuan Desa dalam membentuk MKD adalah Peraturan Bupati Lombok Utara nomor 20 tahun 2017 tentang pedoman Majelis Krama Desa yg isinya agar penyelesian sengketa di tingkat desa, bisa diselesaikan melalui musyawarah mufakat di desa, maka desa bertugas membina kerukunan warga masyarakat, memelihara perdamaian, menangani konflik dan melakukan mediasi di desa merupakan salah satu kewenangan lokal bersekala desa.
 
Tugas dan fungsi MKD yaitu memfasilitasi mediasi sengketa yang terjadi di masyarakat, mengembangkan koordinasi dan kerjasama antar lembaga desa dan Pemdes dalam menyelamatkan dan melestarikan Nilai nilai budaya yang tumbuh dan berkembang di desa dan mendokumentasikan, pmengidentifikasikan nilai nilai dan norma yang di kembangkan atau berlaku di masyarakat adat.

Keanggotaan MKD berjumlah ganjil 7 sampai 11 orang berasal dari unsur Tokoh adat, tokoh agama, perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat.
 
Harapan semoga pemerintah Desa  membentruk pengurus MKD dalam jangka waktu 4 bulan sehingga semua permasalahan di desa bisa di selesaikan oleh MKD dan jika tidak bisa selesai baru ke inspektirat atau kepolusian dan bisa berjalan sesuai harapan . (Ardes).


Komentar atas Semua Desa di KLU Harus Bentuk Majelis Krama Desa.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar