Acara Pelatihan Siskeudes di NTB di Tutup Oleh Sekrtaris Inspektorat Jendral Kemendes PDTT

Redaksi 14 September 2017 13:21:03 WIB

Karang Bajo ( SID). Acara Fasilitasi Pembinaan Sistem Keuangan Desa  yang di selenggarakan Oleh Forum Perguruan Tinggi Untuk Desa Bersama Universitas Mataram dan 80 orang Keterwakilan  Perangkat Desa se NTB ditutup oleh Sekretaris Inspektorat Jendral  Kemendes PDTT. Fajar Tri Suprapto  bertempat di Mataram 12-09-2017.

Fajar Tri Suprapto  Menceritakan bahwa Kementrian Desa PDTT terbentuk sejak Oktober 2014. UU Desa terbentuk tahun  2014. Kemendes Aktip sejak Bulan Mei 2015, Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara keluar sejak April 2015, selanjutnya banyak Aturan dari Kemendes yang mengatur kepada Desa mulai dari Permendes Nomor 1 tahun 2015 tentang Pedoman Kewenangan Berdasarkan Hak asal Usul, Permendes Nomor 2 tahun 2015 tentang Pedoman tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa, Permendes Nomor 3 tahun 2015 tentang Pendamping Desa.

Kemdagri bertugas membina Desa, dalam perjalanan Kemendes mengawal Nawacita ke 3 Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari Desa. Bagaimana pemerintah memberikan perhatian kepada Desa untuk membangun desa sebagai subyek, baru pertama kali di Indonesia dan Pertama di Dunia Pemerintah Pusat menggelontorkan langsung  melalui APBN berupa Dana ke Desa.
 
Porum Internasional kepengen mengetahui Bagaimana Indonesia mengelala Dana Desa. Walaupun di desa banyak permasalahan dalam menggunakan dana DD namun 2015 hasil pantauan kami dari 74.910 Desa se Indonesia hanya 10 % Desa yang belum Maksimal mengelola DD artinya pemerintah telah berhasil untuk membantu Desa sehingga pemerintah akan menaikkan anggaran tiap tahun untuk membantu Desa. Masalah Pendamping Desa memang sangat kumplik namun saat ini ada panduan teknis dari Kemendes tentang Rekrutmen Tenaga Pendamping Propesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa  Tahun anggara 2017. Terbit sejak  22 Agustus 2017. ungkap Fajar Tri Suprapto .

Harapan Sekretaris Inspektorat Jendral  Kemendes PDTT kepada 80 Orang perangkat Desa yang di latih tentang Pentingnya  menggunakan Aplikasi Siskeudes agar meneruskan ilmu itu kepada teman teman perangkat desa yang lain dan rencana kita Forum Persatuan Perguruan Tinggi Untuk Desa ini akan melalukan pendampingan dan pelatihan bagi desa desa yang lain agar nawacita presiden betul betul terlaksana. ( Ardes ).

Komentar atas Acara Pelatihan Siskeudes di NTB di Tutup Oleh Sekrtaris Inspektorat Jendral Kemendes PDTT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar